Rabu, 27 November 2013

jenis gitar menurut garis besar

Secara garis besar gitar dibagi 2 jenis :
1. Gitar Akustik / Akustik Elektrik
2. Gitar Elektrik

Gitar Akustik adalah gitar yang menggunakan prinsip resonansi pada body gitar yang bolong. jadi suaranya dihasilkan dari resonansi udara dalam ruangan body gitar yang bolong.
Namun ada juga Gitar Akustik yang tidak hanya menggunakan suara yg dihasilkan oleh tabung resonansi. Ada juga Gitar Akustik Elektrik, yaitu gitar akustik yang bisa dicolok ke Amplifier, gitar jenis ini mempunyai semacam Mic utk senar yg disebut Pick-up, prinsipnya Pick-up menangkap gelombang elektromagnetik dari getaran senar lalu disalurkan ke amplifier sehingga bisa didapat suara yang lebih keras.

Gitar Akustik sendiri dibagi lagi:
1a. Gitar Akustik Steel String
Yaitu gitar akustik yang menggunakan senar steel / kawat.
1b. Gitar Akustik Classic Nylon String
Yaitu gitar akustik yang menggunakan senar nylon. Biasa digunakan utk memainkan musik2 klasik

Kalu Gitar listrik adalah gitar yang tidak memiliki ruangan kosong dalam bodynya (tidak bolong). Suara yang dihasilkan diandalkan dari pickup (mic-nya senar) yang ditransfer ke amplifier.
Tapi ada juga gitar listrik yang semi hollow-body, biasanya gitar2 jazz / blues. Gitar elektrik menggunakan senar steel/kawat.
Gitar elektrik juga banyak modelnya tergantung dari jenis aliran musik yang merupakan karakter dari gitar tersebut. Contohnya: Fender Telecaster bisa untuk nge-pop, nge-jazz, nge-blues, atau nge-rock. Lain lagi dengan gitar2 merk Cort dan Ibanez yang cenderung berkarakter nge-rock.
Jenis gitar yang paling fleksibel menurut saya seperti model Fender Stratocaster yang bisa digunakan utk semua jenis aliran musik.

Cara memainkan gitar akustik dan elektrik pada dasarnya sama tetapi ada banyak perbedaan dalam teknik2nya. MIsalnya:
- Gitar akustik khususnya klasik banyak menggunakan teknik fingerpicking (menggunakan 4 jari tangan kanan : jempol, telunjuk, tengah, dan manis). Pemain gitar classic jarang sekali melakukan strumming/nggenjreng. Tapi kalau pemain gitar akustik steel string banyak sekali melakukan teknik strumming.
- Pemain gitar classic jarang sekali menggunakan pick dalam memetik, lain lagi kalau pemain gitar akustik steel string dan gitar elektrik yg sering menggunakan pick. Kalau gitar elektrik malahan "wajib" menggunakan pick utk menghasilkan suara yang clean dan sempurna. Jarang sekali pemain gitar elektrik menggunakan teknik petikan dengan fingerpicking, karena mengingat ukuran neck yang kecil sehingga menyulitkan melakukan fingerpicking.
- Gitar elektrik memiliki sangat banyak teknik yang tidak dimiliki gitar akustik/classic. Contohnya: teknik Tapping, pinch harmonic, pick tapping, tremolo pada gitar elektrik sangat sulit/bahkan tidak bisa dilakukan di gitar classic. Namun utk tapping masih memungkinkan dimainkan di gitar akustik steel string

Tidak ada komentar:

Posting Komentar